Makna Rumah Tradisional Suku Atoni: Sonaf Nis None

Authors

  • Tjong Mei Lang Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/interior.13.1.21-33

Keywords:

Makna, Rumah Tradisional, Suku Atoni, Sonaf Nis None.

Abstract

Suku Atoni merupakan etnis asli Timor yang mendiami bagian Barat dan tengah Pulau Timor. Rumah berfungsi sebagai tempat tinggal  dan  tempat  ritual.  Di  balik  bentuknya  yang  unik,  rumah  tradisional  ini  sarat  akan  makna.  Salah  satu  objek  yang  sangat menarik  dikaji  adalah  Sonaf  Nis  None,  yang  terdapat  di  pemukiman  adat  Desa  Maslete,  Kabupaten  Timor  Tengah  Utara,  Nusa Tenggara  Timur.  Rumah  ini  merupakan  istana  raja  yang  masih  dipergunakan  dan  dipertahankan  keasliannya  hingga  saat  ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif dan pendekatan etnografi untuk menemukan makna yang terkandung dalam Sonaf Nis None, mulai dari arsitektur bangunan hingga interior bangunan yang mencakup organisasi ruang, elemen  pembentuk  ruang,  elemen  pengisi  ruang,  dan  aksesoris  interior.  Berdasarkan  hasil  penelitian,  ditemukan  bahwa  Sonaf  Nis None merupakan manifestasi dari pandangan dan filosofi hidup suku Atoni akan harmoni/keselarasan, yang menciptakan rumah dan lingkungan  sekitar  sebagai  sebuah  bentuk  kecil  (mikrokosmos)  sesuai  dengan  tata  aturan  alam  semesta  yang  lebih  luas dan besar (makrokosmos), lewat penerapan pola ganda (berpasangan) pada arsitektur dan interiornya. Pasangan-pasangan ini diwakilkan oleh sifat maskulin dan feminin dari pasangan feto-mone (wanita-pria), yang walaupun memiliki dua sifat yang saling bertolak belakang namun saling melengkapi dan menghidupkan.

References

Florianus, Harmans H. 2004. Kemampuan Rumah Tradisional Sonaf Terhadap Pengendalian Kondisi Termal Ruang Dalam. Tesis Universitas Diponegoro, Semarang.

Neonbasu, Gregor. 2011. We Seek Our Roots: Oral Traditioan in Biboki, West Timor. Germany: Academic Press Fribourg Switzerland.

-----. 2013. Kebudayaan: Sebuah Agenda (Dalam Bingkai Pulau Timor dan Sekitarnya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nordholt, Schulte H. G. 1971. The Political System of The Atoni of Timor. Verhandelingen Van Het Koninklijk Instituut Voor Tall-, Land- En Volkenkunde vol. 60. The Hague: Martinus Nijhoff.

Nugrahaeni, Rini dan Iwan Surpijanto. 2010. Interpretasi Makna Bangunan Tradisional Sonaf di Kampung Maslete. Jurnal dipresentasikan pada Seminar Jelajah Arsitektur Nusantara, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia.

Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Prijotomo, Josef. 2013. Arsitektur Nusantara: Arsitektur Perteduhan dan Arsitektur ‘Liyan’. Pembacaan Arsitektural atas Arsitektur Masyarakat Tanpatulisan. Jurnal dipresentasikan pada Pidato Pengukuhan Guru Besar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia.

Usfinit, Alexander Un. 2003. Maubes Insana: Salah Satu Masyarakat di Timor dengan Struktur Adat yang Unik. Yogyakarta: Kanisius.

Downloads

Published

2019-02-21

Issue

Section

Articles