Kajian Antropometri & Ergonomi Desain Mebel Pendidikan Anak Usia Dini 3-4 Tahun di Siwalankerto
:
https://doi.org/10.9744/interior.15.1.45-55Keywords:
mebel, antrophometri, ergonomi.Abstract
Mebel merupakan fasilitas dalam ruang yang sangat vital dalam mendukung tercapainya produktivitas dari aktivitas yang dilakukan. Aktivitas belajar anak usia dini biasanya cenderung banyak berinteraksi dengan mebal sebagai fasilitas belajarnya. Sebagai studi kasus adalah mebel fasilitas belajar di komunitaspendidikan anak usia dini di Siwalakerto. Mebel anak usia dini di Siwalankerto perlu dikaji kesesuaiannya secara antropometri dan ergonomi untuk dapat digunakan dengan nyaman, terutama untuk anak usia 3-4 tahun yang aktivitas belajarnya lebih banyak dan lebih sering berinteraksi dengan mebel. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan antropometri anak usia dini 3-4 tahun yang dapat direkomendasikan untuk menentukan ukuran mebel yang ergonomis dengan pengguna sehingga dapat mengoptimalkan kenyamanan dan menghindari munculnya kelainan dikarenakan kesalahan serta ketidak sesuaian dalam menggunakan mebel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif format eksplanasi survey. Hasil dari penelitian ini adalah ukuran tubuh dari anak- anak paud Siwalankerto usia 3-4 tahun dan ukuran mebel yang direkomendasian sesuai berdasarkan data ukuran antropometri tersebut.References
A. S. Harmastuti. ”Perencanaan Dan Perancangan Interior Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Surakarta”. Universitas Sebelas Maret. Surakarta., (2009) 27.
W. D. Wijana. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Banten : Universitas Terbuka (2014) 2.
www.comunityplaythings.com
R. Siregar, L. N. Huda, A. J. M. Rambe. (2014, Juli). Perancangan Kursi dan Meja Berdasarkan Antropometri Pada Sekolah Dasar Swasta X. Jurnal Tenik Industri. [Online]. 3(1). pp. 24-30. Available : http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=view article&article=2643 86
E-learning Universitas Pembangunan Nasional. Metodologi Desain. Surabaya : Universitas Pembangunan Nasional (n.d.)3. Available : http://elearning.upnjatim.ac.id/courses/METODED ESAIN1/document/ METODOLOGI_DESAIN_25.pdf?cidReq=METO DEDESAIN1
M. N. Aini, ”Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kearsipan Terhadap Profesionalisme Arsiparis di Bapusipda ( Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah) Se-Bandung Raya,” Universitas Pendidikan Indonesia Bandung., (2013), Available : http://repository.upi.edu/1300/6/S_PKR_0904108_ Chapter3.pdf
N. Azizah, ”Resume Materi Populasi dan Sampel Penelitian,” thesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, (2016), Available : http://petaniilmu.blogs.uny.ac.id/wp- content/uploads/sites/7044/2016/11/RESUME- MATERI-POPULASI-DAN-SAMPEL- PENELITIAN.pdf
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta (2012) 126.
A. Widiastuti, ”Data, Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.” presented at Yogyakarta Country University, Yogyakarta, Ind.
M. Safran. Teknik Pengolahan dan Interpretasi Data. Selami IPS Edisi Nomor 21 Volume II. Jakarta: LIPI pres (2007) 203.
Indonesia. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Instrumen Pengawasan Sekolah. Jakarta : Author (2008) 24.
Norfiza, Z. Infi. (2011). Perancangan Alat Belajar dan Bermain Yang Ergonomis Di Taman Kanak- Kanak Islam Permata Selat Panjang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. [Online].(10)1. pp. 48-58. Available:http://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/a rticle/view/1249/810.
M. A. Latar, ”Antropometri dan Aplikasinya Dalam Perancangan Fasilitas Kerja” presented at Esa Unggul University, Jakarta.
H. Purnomo. Antropometri Dan Aplikasinya. Yogyakarta : Graha Ilmu (2013) 1-26,37.
L. Herawati, T. A. Pawitra. (2013). Evaluasi Data Antropometri Anak- Anak Usia 4-6 Tahun Di Jawa Timur Dan Aplikasi Pada Perancangan Fasilitas Belajar Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. [Online]. (12)2. pp. 146. 13 November 2016.Available: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle /11617/4399/JITI-12-02-13 Linda%20Herawati%20- %20OK.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Indonesia. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Author (2015) 34
Jamaludin. Pengantar Desain Mebel. Bandung : PT. Kiblat Buku (2007) 123.
I. M. Sutajaya. (Mei 2007). ” Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pemahaman Terhadap Ergonomi Dalam Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha : 560-562. 3 April 2017. Available: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esr c=s&source=web&cd=48&cad=rja&uact=8&ved= 0ahUKEwjQr8b5gIrTAhUHSI8KHeM9Cv Q4KBAWCEgwBw&url=http%3A%2F%2Fpasca .undiksha.ac.id%2Fimages%2Fimg_item%2F934. doc&usg=AFQjCNFt7lRNNjvVeEvNFE1 1EqrFsq67jg
Indonesia. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Author (2014) 18.