Eksperimen Perancangan Elemen Pembentuk Dan Pengisi Ruang Interior Berbasis Repurposing Pipa PVC

Authors

  • Jonathan Pramono Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Yusita Kusumarini Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Jean F. Poillot Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra, Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/interior.15.1.35-44

Keywords:

pipa PVC, refunction, elemen pembentuk, elemen pengisi, ruang interior, eksperimen, modular.

Abstract

Pipa PVC adalah bahan bangunan yang sangat umum digunakan dalam instalasi plumbing di seluruh dunia sejak tahun 1930. Dengan karakter fisik yang ringan, kuat, fleksibel, tahan terhadap kebocoran dan korosi, serta mudah dari segi perakitan, sifat fisik pipa PVC ini sangat potensial digunakan dalam perancangan elemen pembentuk dan pengisi ruang interior dengan prinsip “repurposing”. Dalam perancangan ini terdapat 2 pokok masalah yang diangkat yakni bagaimana potensi pipa PVC dalam perancangan elemen pembentuk dan pengisi ruang interior dan apa saja kekurangan dan kelebihan dari rancangan elemen pembentuk dan pengisi ruang interior yang menggunakan  pipa  PVC  sebagai  bahan  utamanya  jika  ditinjau  dari  sifat  material  pipa  PVC,  penerapan  sistem  mekanis,  dan modularnya.  Metode  yang  digunakan  adalah  design  thinking  dengan  tahapan:  inspiration  (understand,  observe,  dan  P.O.V.), ideation (ideate, prototype, dan test), implementation (story telling, pilot, dan business model). Perancangan ini menghasilkan 5 desain produk interior (chair, office table, coffee table, partisi, dan stacking rack). Kelima produk ini dapat membuktikan potensi pipa PVC dari segi sifat material dan penerapan sistemnya. Kelebihan yang teridentifikasi adalah:  waktu pembuatan yang singkat serta sistem  mekanis  dan  modular  yang  dapat  diaplikasikan  dengan  sambungan  dan  tabung  pipa  PVC.  Kekurangan yang teridentifikasi adalah aplikasi sistem dan proses perakitan yang kurang bisa presisi.

References

Agguire, Darinka. “Design for Repurposing: A Sustainable Design Strategy for Product Life and Beyond”. Meksiko: Emily Carr University of Art + Design (2010) 2-3.

PVC Pipe Association. “Handbook of PVC Pipe Design and Construction”. Amerika Serikat: Industrial Press Inc (2012) 31-33.

Arthur K-wlmderlich. “PVC Beach Swivel Chair”. Amerika Serikat: US Patent no. 4842335 (1989).

Livington, B. Bruce, Cottondale, Barry B. Livington; Mark S. Farmer. “Foldable Chair”. Amerika Serikat: US Patent no. 6250712 (2001).

Tenbl'oeck, Randy L. “PVC Rocking Chair”. Amerika Serikat: US Patent no. 5678890 (1997).

Downloads

Published

2019-03-27

Issue

Section

Articles