Konsep Pembelajaran Design Thinking dan Business Model Canvas Pada Perancangan Produk Furnitur

Authors

  • Tri Noviyanto P Utomo Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia

:

https://doi.org/10.9744/interior.13.1.55-62

Keywords:

Desain Produk Furnitur, Design Thinking, Business Model Canvas

Abstract

Konsep  pendidikan  berbasis  desain,  khususnya  desain  produk  interior  yang  dalam  beberapa  tahun  belakangan  ini  sudah  banyak mengalami perubahan-perubahan metode pembelajaran. Banyak metode pembelajaran sudah diterapkan, mulai pembelajaran dengan pemecahan masalah (based on problem) maupun metode berbasis kompetensi (based on competency). Cara pandang dan pendekatan yang mendasari konsep mendesain produk dengan metode yang ada memang tidak ada yang salah. Mendesain produk untuk industri ataupun interior tidak hanya sebatas dan berhenti pada tataran konsep semata, namun juga perlu pemikiran bagaimana produk tersebut di buat dan dipakai oleh penggunanya dan bahkan sampai menjadi sebuah unit usaha berbasis desain produk. Untuk itu diperlukan sebuah konsep pembelajaran yang holistik dengan mengintergrasikan metode perancangan produk dan perencanaan bisnis yang tepat. Kebutuhan akan sebuah model studi pembelajaran dalam perancangan desain produk yang bisa mengintegrasikan proses berpikir desain  dan  perencanaan  model  bisnis  yang  mudah  dipahami  oleh  mahasiswa  menjadi  landasan  penulisan  ilmiah  ini.  Model perancangan dengan pendekatan konsep Design Thinking dipilih karena memiliki beberapa tahapan dan alur pikir yang sistematis dan saling  berkesinambungan.  Sedangkan  konsep  pembelajaran  perencanaan  model  bisnis  dilakukan  melalui  metode  Business  model Canvas  (BMC).  Konsep  Integrasi  model  perancangan  produk  dengan  pendekatan  design  thinking  dan  perencanaan  model  bisnis dengan BMC ini diaplikasikan pada mata kuliah perancangan desain produk furnitur di kelas Entrepreneurial Interior Architecture Studio 4  (EINAS 4) Universitas Ciputra.

References

Ambrose, Gavin and Harris, Paul (2010). Design Thinking. Switzerland : AVA Publishing.pp 12

Beverly Rudkin Ingle (2013)., Design Thinking For Entrepreneurs and Small Business : Puting the Power of Design to Work. Springer Science and Business Media New York.

Brown, Tim (2008). Design Thinking. Havard Business Review . June 2008.

BROWN, Tim. WYATT, Jocelyn (2010) Design Thinking for Social Innovation. Stanford Social Innovation Review: Stanford School of Business, pp.29-35.

Brown, Tim. KATZ, Barry (2009) Change By Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovations. New York: HarperCollins Publishers.

Osterwalder, Yves Pigneur (2013). Business Model Generation. Ney Jersey : Jhon Wiley and Son.

Riverdale & IDEO. (2011), Design Thinking for Educators, pp.4.

Sachari, Agus (2002). Pengantar Desain Produk. Bandung : ITB

Tim PPM Manajemen (2012). Business Model Canvas Penerapan di Indonesia. Jakarta : Tim PPM

Downloads

Published

2019-02-21

Issue

Section

Articles