PERANAN DESAIN INTERIOR TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PETRA 7 DALAM MENUNJANG MINAT BELAJAR SISWA
:
https://doi.org/10.9744/interior.11.1.31-43Keywords:
Desain interior, taman kanak-kanak, minat belajarAbstract
Pada masa kanak-kanak, minat merupakan sumber motivasi yang kuat untuk belajar. Minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar. Kurangnya minat belajar dapat mengakibatkan kurangnya rasa ketertarikan pada suatu bidang tertentu. Bila anak-anak berminat pada suatu kegiatan, pengalaman mereka akan jauh lebih menyenangkan daripada bila mereka merasa bosan. Elemen interior berperan menciptakan suasana ruang sesuai dengan fungsinya, juga untuk menunjang semangat dan minat belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran desain interior Taman Kanak-kanak Kristen Petra 7 Surabaya dalam menunjang minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa desain interior yang ada sudah menunjang minat belajar anak, hal ini tercapai dengan terpenuhinya kebutuhan anak akan ruang yang aman, nyaman, bebas, merangsang kreatifitas, serta sesuai dengan aktivitas siswa di sekolahReferences
Andriana, Elga. Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aktivitas. Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya. Editor Tim Redaksi Familia. Yogyakarta: Kanisius, 2003.
Callender, John Hancock. 1995. Time Saver Standards A Handbook of Architectural Design. 4th ed. New York: McGraw-Hill Companies.
Creswell J.W. 2010. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Ching, Francis D. K. 1996. Illustrasi Desain Interior.Terj. Paul Hanoto Adjie. Jakarta: Erlangga.
Day, Christopher. 2007. Environment and Children: Passive Lessons from the Everyday Environment. Oxford: Elsevier.
Depdikbud. 1992. Pedoman Prasarana dan Sarana Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.
Depatemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan Raudlatul Athfal. Jakarta: tim kurikulum Depdiknas.
Dudek, Mark. 2008. A Design Manual Schools and Kindergartens. Berlin: Birkhauser.
Erikson, Rolf & Carolyn Markuson. 2007. Designing A School Library Media Center For The Future. Chicago: American Library Association.
Fransisca, Yenti. 2012. Studi Pustaka Akustik Ruang Kelas dan Home Theater Dengan Studi Kasus C107. Referensi Penelitian Skripsi / Tesis.
(http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/1665) diakses tgl. 29 April 2011)
Feinberg, Sandra & James R. Keller. 2010. Designing Space For Children And Teens In Libraries And Public Places. Chicago: American Library Association.
Grahacendikia. 2009. “Minat Belajar Siswa.” Referensi Penelitian Skripsi/Tesis. (http://grahacendikia.wordpress.com/ 2009/04/23/minat-belajar-siswa/, diakses tgl. 29 April 2011)
http://moodle.unitec.ac.nz/mod/resource/view.php?id=56877, didownload 29 April 2011
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Perkembangan Anak. edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Karlen, Mark. 1993: Space Planning Basics. New York: Van Nostrand Reinhold.
Kim, Jin Su. 2010. “Interior Design Process for Education Space.” in Interior World 04. Archiworld Co., Ltd. 4-19.
Mc Gowan, Maryrose & Kelsey Kruse. 2004. Interior Graphic Standards Student Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Pile, John F. 2003. Interior Design. 3rd ed. New York: Prentice-Hall, Inc.
Ramsey. 1994. Architectural Graphic Standards. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Reid, Gavin. 2009. Memotivasi Siswa di Kelas: Gagasan dan Strategi. Terj. Hartati Widiastutui. Jakarta: Indeks.
Ruth, Linda C. 2000. Design Standards for Children’s Enviroonments. New York: McGraw-Hill Companies.
Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan.edisi kedua. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suptandar, J.P. 1999. Desain Interior: Pengantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Desain dan Arsitektur. Jakarta: Djambatan.
Sari, Sriti Mayang. 2004. Peran Warna Interior terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-Kanak. Dalam Jurnal Dimensi Interior, Vol. 2, No. 1, Hal 22-36. Surabaya: puslit UK.Petra.
---------. 2005. Peran Ruang dalam Menunjang Perkembangan Kreativitas Anak. dalam Jurnal Dimensi Interior, Vol. 3, No. 1, hal 80-94. Surabaya: puslit UK.Petra.
Weinstein, C.S. & David, T. G. 1987. Spaces for Children: The Built Environment and Child Development. New York: Plenum Press.
Yusuf, H. Syamsu. 2002. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.