PERANAN DESAIN INTERIOR TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PETRA 7 DALAM MENUNJANG MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Lingga Hadriani Wasito Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Mariana Wibowo Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/interior.11.1.31-43

Keywords:

Desain interior, taman kanak-kanak, minat belajar

Abstract

Pada masa kanak-kanak, minat merupakan sumber motivasi yang kuat untuk belajar. Minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar. Kurangnya minat belajar dapat mengakibatkan kurangnya rasa ketertarikan pada suatu bidang tertentu. Bila anak-anak berminat pada suatu kegiatan, pengalaman mereka akan jauh lebih menyenangkan daripada bila mereka merasa bosan. Elemen interior berperan menciptakan suasana ruang sesuai dengan fungsinya, juga untuk menunjang semangat dan minat belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran desain interior Taman Kanak-kanak Kristen Petra 7 Surabaya dalam menunjang minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa desain interior yang ada sudah menunjang minat belajar anak, hal ini tercapai dengan terpenuhinya kebutuhan anak akan ruang yang aman, nyaman, bebas, merangsang kreatifitas, serta sesuai dengan aktivitas siswa di sekolah

References

Andriana, Elga. Pendidikan Anak Usia Dini Ber­basis Akti­vitas. Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Peme­cah­an­nya. Editor Tim Redaksi Fami­lia. Yogyakarta: Kanisius, 2003.

Callender, John Hancock. 1995. Time Saver Stan­dards A Handbook of Architectural Design. 4th ed. New York: McGraw-Hill Companies.

Creswell J.W. 2010. Pendekatan Kualitatif, Kuan­titatif dan Mixed, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Ching, Francis D. K. 1996. Illustrasi Desain Interior.Terj. Paul Hanoto Adjie. Jakarta: Erlangga.

Day, Christopher. 2007. Environment and Children: Passive Lessons from the Everyday Environ­ment. Oxford: Elsevier.

Depdikbud. 1992. Pedoman Prasarana dan Sarana Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.

Depatemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Mana­jemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan Raudlatul Athfal. Jakarta: tim kurikulum Depdiknas.

Dudek, Mark. 2008. A Design Manual Schools and Kinder­gartens. Berlin: Birkhauser.

Erikson, Rolf & Carolyn Markuson. 2007. Designing A School Library Media Center For The Future. Chicago: Ameri­can Library Association.

Fransisca, Yenti. 2012. Studi Pustaka Akustik Ruang Kelas dan Home Theater Dengan Studi Kasus C107. Referensi Penelitian Skripsi / Tesis.

(http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/1665) diakses tgl. 29 April 2011)

Feinberg, Sandra & James R. Keller. 2010. Designing Space For Children And Teens In Libraries And Public Places. Chicago: American Library Asso­ciation.

Grahacendikia. 2009. “Minat Belajar Siswa.” Refe­rensi Pene­litian Skripsi/Tesis. (http://graha­cen­dikia.word­press.com/ 2009/04/23/minat-belajar-siswa/, diakses tgl. 29 April 2011)

http://moodle.unitec.ac.nz/mod/resource/view.php?id=56877, didownload 29 April 2011

Hurlock, Elizabeth B. 1997. Perkembangan Anak. edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Karlen, Mark. 1993: Space Planning Basics. New York: Van Nostrand Reinhold.

Kim, Jin Su. 2010. “Interior Design Process for Education Space.” in Interior World 04. Archi­world Co., Ltd. 4-19.

Mc Gowan, Maryrose & Kelsey Kruse. 2004. Interior Graphic Standards Student Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Pile, John F. 2003. Interior Design. 3rd ed. New York: Prentice-Hall, Inc.

Ramsey. 1994. Architectural Graphic Standards. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Reid, Gavin. 2009. Memotivasi Siswa di Kelas: Gagasan dan Strategi. Terj. Hartati Widiastutui. Jakarta: Indeks.

Ruth, Linda C. 2000. Design Standards for Chil­dren’s Enviroonments. New York: McGraw-Hill Companies.

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan.edisi kedua. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suptandar, J.P. 1999. Desain Interior: Pengantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Desain dan Arsitektur. Jakarta: Djambatan.

Sari, Sriti Mayang. 2004. Peran Warna Interior terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-Kanak. Dalam Jurnal Dimensi Interior, Vol. 2, No. 1, Hal 22-36. Surabaya: puslit UK.Petra.

---------. 2005. Peran Ruang dalam Menunjang Perkembangan Kreativitas Anak. dalam Jurnal Dimensi Interior, Vol. 3, No. 1, hal 80-94. Sura­baya: puslit UK.Petra.

Weinstein, C.S. & David, T. G. 1987. Spaces for Children: The Built Environment and Child Development. New York: Plenum Press.

Yusuf, H. Syamsu. 2002. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosda­karya.

Downloads

Published

2016-12-01

Issue

Section

Articles