PENGARUH DESAIN INTERIOR KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA TAMAN KANAK-KANAK CIPUTRA DI SURABAYA

Authors

  • Handoko Sindunoto Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/interior.11.1.22-30

Keywords:

Pengaruh desain interior, minat belajar, dan siswa Taman Kanak-Kanak

Abstract

Taman Kanak-Kanak Ciputra merupakan sarana pendidikan tingkat awal bertaraf internasional dimana ruang kelas yang ada didesain sedemikian rupa untuk mendukung proses belajar mengajar di dalamnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh  desain interior kelas terhadap minat belajar siswa di Taman Kanak-kanak Ciputra Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dimana pencarian fakta dilakukan dan nantinya dicari hubungan sebab akibatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dari perancangan interior kelas TK Ciputra dalam meningkatkan minat belajar siswa

References

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. (Mila Rachmawati, S. Psi & Anna Kuswanti, Trans.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tompson, George G. 1962. Child Psychology: Growth Trends in Psyhological Adjustment. Boston: Houghton Mifflin Company.

Semiawan, Conny, Munandar, Utami, Tangyong, Agus. 1990. Pengenalan dan Pengembangan Bakat Sejak Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmaprawira, Sulasmi W.A. 2007. Psikologi Warna. http://rumimaniac.blogspot.com/2007/05/psikologi-warna-pada-abad-ke-15-lama.html. Diunduh 12 Februari 2009.

http://www.acehforum.or.id/psikologi-warna. Diunduh 12 Februari 2009.

http://www.ciputra-sby.sch.id/. Diunduh 26 Februari 2009.

Downloads

Published

2016-12-01

Issue

Section

Articles