PENGARUH DESAIN INTERIOR KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA TAMAN KANAK-KANAK CIPUTRA DI SURABAYA

Handoko Sindunoto




Abstract


Taman Kanak-Kanak Ciputra merupakan sarana pendidikan tingkat awal bertaraf internasional dimana ruang kelas yang ada didesain sedemikian rupa untuk mendukung proses belajar mengajar di dalamnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh  desain interior kelas terhadap minat belajar siswa di Taman Kanak-kanak Ciputra Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dimana pencarian fakta dilakukan dan nantinya dicari hubungan sebab akibatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dari perancangan interior kelas TK Ciputra dalam meningkatkan minat belajar siswa


Keywords


Pengaruh desain interior, minat belajar, dan siswa Taman Kanak-Kanak

References


Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. (Mila Rachmawati, S. Psi & Anna Kuswanti, Trans.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tompson, George G. 1962. Child Psychology: Growth Trends in Psyhological Adjustment. Boston: Houghton Mifflin Company.

Semiawan, Conny, Munandar, Utami, Tangyong, Agus. 1990. Pengenalan dan Pengembangan Bakat Sejak Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmaprawira, Sulasmi W.A. 2007. Psikologi Warna. http://rumimaniac.blogspot.com/2007/05/psikologi-warna-pada-abad-ke-15-lama.html. Diunduh 12 Februari 2009.

http://www.acehforum.or.id/psikologi-warna. Diunduh 12 Februari 2009.

http://www.ciputra-sby.sch.id/. Diunduh 26 Februari 2009.


Full Text: PDF

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL

TEMPLATE JURNAL DIMENSI INTERIOR

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Dimensi Interior, ISSN: 1693-3532

web counter
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team